Membuat Betere laptop awet dan tahan lama

Jangan lengah pada kondisi batere laptop kalian yang mungkin bisa dibilang baru, akan tetapi banyak diantara batere yang kita gunakan itu rusak atau menjadi tidak tahan lama atau ngedrop. Berikut Ibu berikan tips agar batere kalian menjadi awet dan tahan lama…

Sebuah baterai lithium ion yang normal memiliki hidup rata-rata hampir 2 sampai 3 tahun. Dengan bantuan beberapa trik dan perawatan, kerusakan yang dapat ditunda. Berikut tips dan trik Merawat Batrai Laptop Agar Awet dan Tahan Lama. Lets Check it… :arrow:

Tips 1. Defragmentasi:

Setelah defragmentasi secara berkala membuat data Anda diatur dalam susunan yang lebih sistematis yang membuat kerja harddisk lebih sedikit untuk mengakses semua data. Semakin cepat dalam pergerakan dari hard drive, beban kerja yang lebih rendah pada baterai yang berarti baterai anda lebih lama.

Tips 2. Mengurangi Proses:

Cobalah untuk mengurangi penggunaan icon system tray/wallpaper, yang tidak diperlukan. Jugamemantau berapa banyak sumber daya seperti penggunaan yang mengakses Windows Task Manager (di Windows). Pastikan bahwa jika Anda tidak menggunakan internet, sangat bermanfaat untuk menutup pogram yang tidak dibutuhkan. Tidak perlu menghapus program yang berjalan selama start-up dengan meluncurkan Sistem Configuration Utility dari Run – msconfig – Startup Tab. Unclick program yang tidak diperlukan untuk memulai dan restart komputer sekali.

Tips 3. Menerapkan Task Schedule:

Program seperti defragmentasi atau scan virus sangat disarankan dijadwalkan pada saat anda dalam ruangan yang terdapat sumber listrik (colokkan listrik).

Tips 4. Lepaskan Perangkat Eksternal bila tidak diperlukan:

Perangkat USB eksternal adalah pemakan terbesar daya baterai. Cobalah untuk mencabut perangkat eksternal seperti mouse eksternal, kartu PC, Wi-Fi, speaker eksternal, Bluetooth, Pen drives, portable hdd dan iPod.

Tips 5. Jangan Meninggalkan CD/DVD dalam CD/DVD Drive

Juga tidak meninggalkan CD / DVD dalam drive jika sudah tidak diperlukan. Sebuah disk berputar di dalam drive dapat menghabiskan daya dari baterai anda.

Tips 6. Gunakan Perangkat lokal:

Hindari menggunakan plugin DVD ROM / drive eksternal yang umumnya berjalan di baterai. Anda dapat mentransfer isi CD/DVD ke hard drive atau Anda juga dapat menjalankan virtual drive seperti Pismo File Mount, Alkohol 120%, Daemon alat atau bahkan Microsoft Virtual CD ROM Control Panel.

Tips 7. Periksa Resolusi Anda:

Mengurangi tingkat kecerahan dengan tingkat yang tepat di mana Anda bisa menyesuaikannya dengan bantuan toggles Fungsi tombol atau menggunakan Pengaturan Display pada Control Panel.

Tips 8. Tingkat Suara:

Cobalah untuk mematikan volume speaker dan menghindari menggunakan software multimedia untuk pemakaian baterai yang lebih baik. Anda juga dapat menghindari skema suara yang diinstal yang dapat mengurangi masa pakai baterai Anda.

Tips 9 Hindari Penggunaan Screen Saver

Untuk baterai terbaik, nonaktifkan screensaver.

Tips 10. Hindari Glossy terlihat:

Jika kamu pengguna Windows Vista pada laptop kamu, ada baiknya kamu kemematikan fitur Aero Glass dan beralih ke ‘penampilan Classic’ yang mengkonsumsi daya yang lebih kecil. Dalam Windows Vista, klik pada Desktop dan kemudian Preferensi dan kemudian View Colour dan kemudian Appearance dan kemudian Classic Appearance dan Windows Basic graphical interface. Pada Windows XP, klik kanan dan pilih properti lalu Display Properties dan kemudian Theme dan pilih Windows Classic. Sedangkan sistem operasi seperti Linux dan Macintosh, mereka sudah lebih baik dioptimalkan untuk menyediakan masa pakai baterai lebih lama dan kuat.

Tips 11. Pilihan Power:

Anda dapat memeriksa manajemen daya dari ‘Power Options ‘ di Control Panel. Baik Windows XP dan sistem operasi Windows Vista terdiri dari fitur-fitur manajemen daya tingkat lanjut yang membantu Anda untuk mematikan komponen seperti monitor atau hard drive untuk waktu tertentu. Hal ini juga tergantung pada ‘Power Schemes’ yang dipilih. Sebagai contoh dalam sistem operasi Windows XP, Anda dapat memilih ‘Max Battery’ pada saat kondisi batrai terisi penuh.

Tips 12. Gunakan Hibernate Mode:

Kadang-kadang kita membuat laptop kita dalam posisi mode Stand by atau mode tidur. Hal ini mengurangi masa pakai baterai karena komponen laptop masih terus beroprasi. Dalam kasus tersebut, sangat disarankan untuk menerapkan mode hirbinate selain komputer menyimpan keadaan sekarang hal ini juga berguna menghemat penggunaan daya batrai karena laptop benar-benar dalam posisi off.

Tips 13. Bekerja pada Program yang disyaratkan:

Alasan utama untuk mengurangi masa pakai baterai adalah untuk bekerja pada beberapa program yang exherts tekanan pada baterai sehingga menyebabkan daya wastage. Menggunakan aplikasi grafis yang berorientasi pada tingkat minimum. Jika Anda bekerja pada aplikasi spreadsheet yang seperti umumnya mengkonsumsi daya kurang dari bermain permainan favorit Anda. Anda juga dapat menambah masa baterai hanya dengan membuka satu atau dua program yang diperlukan secara bersamaan.

Tips 14. Konsumsi RAM:

Sistematis penggunaan RAM yang lebih rendah adalah beban pada Virtual memory yang benar-benar bekerja untuk hard drive. Jika Anda amati, penggunaan RAM lebih banyak mengarah ke pemakaian daya yang juga meningkatkan seluruh cadangan ram dengan mengurangi akses ke kinerja hard drive.

Tips 15. Kebersihan adalah harus:

Sebuah laptop yang berdebu dan kotor umumnya blok menghasilkan ventilasi udara lebih panas yang sebenarnya mengurangi masa pakai baterai. Anda dapat mencoba untuk membersihkan ventilasi udara waktu ke waktu yang akan membantu Anda untuk tetap beroperasi pada temperatur yang rendah. Cobalah untuk membuka ruang di dekat ventilasi untuk udara bebas. Juga mencoba menjaga daerah di dekat laptop yang bersih untuk menghindari dari debu.

Tips 16. Faktor Suhu:

Panas yang berlebihan dapat mengurangi masa pakai baterai perlahan tapi pasti. Juga hindari membuka laptop di bawah sinar matahari langsung atau di dalam mobil yang tertutup.

Tips 17. Efek Memori:

Lebih masalah bagi pengguna laptop yang memiliki baterai Ni-MH type lama daripada baterai Li-Ion yang tersedia pada laptop modern yang baru-baru ini. efek Memori terkait dengan hilangnya daya baterai ketika mereka terus-menerus diisi ulang setelah sebagian habis. Hal ini akan dicegah oleh pemakaian baterai yang benar dan proses pengisian ulang batrai dengan benar.

Tips 18. Update Kriteria:

Mungkin kedengarannya agak aneh tapi dengan adanya update driver dan perangkat lunak pada dasarnya dirancang untuk menjadi lebih efisien dan penggunaan daya baterai lebih sedikit.

Tips 19. PerawatanAdapter:

Pastikan bahwa adaptor yang anda gunakan untuk pengisian baterai laptop adalah spesifikasi yang asli. Sebuah kualitas model adaptor yang tidak standar dapat menyebabkan semacam overload yang juga dapat merusak laptop dan baterai.

Tips 20. Paket Pekerjaan:

Jika Anda telah membuat keputusan untuk tidak memakai laptop dalam beberapa hari, maka pastikan bahwa muatan dari baterai harus 40% dan kemudian Anda bisa lepaskan baterai dan simpan di tempat yang dingin dan tempat yang kering.

Sumber : Ilmu Komputer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: